Pengertian Sistem Operasi Komputer adalah

sistem operasi komputer

Sedikit Penjelasan tentang apa itu Sistem Operasi Komputer, para pengguna komputer harus sedikit mengetahui apa itu sistem operasi pada komputer, dan mengetahui sistem operasi apa yang digunakan nya.


Sistem operasi komputer telah berkembang selama bertahun-tahun menjadi salah satu komponen perangkat lunak yang paling tidak terpisahkan dari sistem komputer. Tanpa sistem operasi, dapat menggunakan komputer pribadi akan jauh lebih sulit. Sistem operasi memungkinkan pengguna untuk dengan mudah dan lebih berhasil menavigasi sistem komputer tanpa harus mengetahui perintah dan permintaan yang rumit.

Pada masa awal komputer, sistem operasi bukan bagian dari konfigurasi sistem secara keseluruhan. Mereka muncul setelah komputer super sudah ditemukan. Sebelum sistem operasi, informasi dimasukkan ke komputer dengan kartu punch. Sistem ini tidak sangat efisien dan membutuhkan pengetahuan tentang mesin kartu punch hanya untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dari komputer.

Kemudian beberapa programmer memiliki visi. Mereka pikir akan luar biasa jika semua orang bisa menggunakan komputer tanpa harus tahu tentang bahasa pemrograman yang rumit. Mereka mulai merancang sistem operasi komputer pertama, dan segera menemukan kesuksesan.

Saat ini, ada banyak sistem operasi komputer baik yang sudah dikembangkan maupun yang saat ini dalam pengembangan. Sebagian besar sistem operasi ini dirancang semata-mata dengan mempertimbangkan pengguna. Mereka memungkinkan operator komputer untuk hanya memuat program ke komputer mereka dan kemudian menavigasi sistem mereka dengan titik mouse dan mengklik tombol.

Semua sistem operasi komputer memiliki proses tertentu yang mereka lakukan "di belakang layar" sehingga pengguna tidak benar-benar tahu bahwa mereka sedang terjadi. Ini disebut multi-tasking dan membuatnya lebih mudah untuk menggunakan komputer tanpa harus mengelola sumber daya secara manual. Sistem operasi melakukannya untuk Anda!

Sistem operasi komputer Anda akan mengelola memori akses acak Anda, memori hard disk Anda, penjadwalan tugas, dan banyak lagi! Ini akan memberikan tingkat keamanan pada komputer Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang pihak luar yang mendapatkan akses ke informasi apa pun di komputer Anda. Ini juga akan menavigasi berbagai program yang ada di komputer Anda ketika Anda ingin membuka program-program itu. Katakan saja pada sistem operasi, dan itu akan mengurus sisanya!

Sistem operasi yang paling populer saat ini adalah Microsoft Windows dan Apple Mac OS X. Teknologi untuk sebagian besar sistem operasi komputer berasal dari dua raksasa komputer ini dan sistem operasi lainnya telah berevolusi dari itu. Linux dan GNU adalah dua sistem operasi lain yang mulai populer, meskipun sebagian besar diarahkan ke pasar mainframe dan sistem jaringan.

Sistem operasi komputer membawa komputer pribadi ke rumah dan bisnis kita dan memudahkan siapa pun untuk menggunakan komputer. Tanpa sistem operasi komputer, menggunakan komputer akan tetap berada di zaman kegelapan.

menurut sumber dari Wikipedia, sistem operasi komputer adalah (Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.)

jadi itulah sedikit penjelasan tentang apa itu sistem operasi komputer, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tahu apa itu sistem operasi komputer.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sistem Operasi Komputer adalah"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan baik, Terima kasih.