membuat Sitemap atau Peta Situs yang Baik

sitemap

Study Lengkap tentang Sitemap/Peta Situs yang Baik

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana mesin pencari bekerja? Pasti menarik mengetahui bagaimana alat pencarian ini dapat mengarahkan Anda ke beberapa situs web yang relevan dengan kata kunci Anda. Atau, pernahkah Anda mengalami kejadian di mana tautan yang seharusnya berisi kata kunci Anda tidak persis seperti yang Anda pikirkan? Anda mungkin akan berpikir bahwa pasti ada yang salah dengan mesin pencari yang menghasilkan hasil yang tidak relevan.

Bagaimana cara kerja mesin pencari?

Dua hal penting dalam membuat mesin pencari bekerja secara efektif dan efisien: laba-laba pencarian elektronik dan peta situs.

Apa itu sitemap?

Sitemap pada dasarnya adalah halaman atau halaman yang berfungsi sebagai direktori dengan mencantumkan semua tautan ke semua dokumen dan file yang ditemukan di situs web. Ini bukan hanya daftar tautan acak, tetapi diorganisasikan sedemikian rupa sehingga memberi pengguna web gagasan tentang bagaimana semua informasi yang dapat ditemukan di situs cocok dengan kerangka atau kerangka kerja. Itu seperti melihat daftar isi buku, atau melihat "peta konsep" dari konten situs.

baca juga : SEO Sitemap meningkatkan situs web/blog

Apa itu laba-laba?

Dalam bahasa SEO, laba-laba bukanlah binatang yang ditemukan di lemari Anda. Laba-laba pencarian elektronik ini sebenarnya adalah bot yang mengumpulkan data dan menyalin konten untuk disimpan dalam database mesin pencari ketika kata kunci dimasukkan ke dalam kotak dialog pencarian. Laba-laba membaca konten situs dan mengirimkan bot lain untuk mengikuti tautan dan menyalin konten yang terkandung di dalamnya.

Tujuan apa yang dilayani oleh peta situs?

Peta situs seperti peta lainnya memberikan petunjuk arah kepada seorang navigator. Ini terutama menargetkan spider mesin pencari sehingga mereka diarahkan dengan benar ke situs Anda dan ke tautan tempat kata kunci dimasukkan dalam dialog pencarian muncul. Karena itu, sebenarnya alat yang berguna dalam optimasi mesin pencari. Peta situs yang terorganisasi dengan baik akan memandu laba-laba untuk menemukan informasi yang dibutuhkan ketika kata kunci dimasukkan selama operasi pencarian.

Sebagai konsekuensi tambahan yang bermanfaat, peta situs telah terbukti bermanfaat bahkan bagi pengguna web. Karena peta situs menampilkan semua tautan ke informasi yang ditemukan di situs web, ini membantu pengguna untuk mencari topik tertentu dalam pikiran. Banyak pengguna juga menggunakan peta situs untuk bernavigasi antar halaman dalam suatu situs.

Apa manfaat memiliki peta situs untuk situs web saya?

1. Tidak ada halaman yang akan terlewat

Kembali ke tujuan peta situs, memiliki satu akan berarti lebih cepat dan lebih mudah melacak dan merangkak laba-laba di seluruh situs Anda. Akibatnya, mesin pencari pasti akan melihat semua halaman situs Anda dan bukan hanya halaman yang berisi kata kunci acak.

2. Navigasi yang lebih mudah untuk pengunjung situs

Setelah pengguna web mengakses sitemap Anda, mereka tidak perlu kembali ke halaman mesin pencari untuk mencari apa yang mereka butuhkan. Jika apa yang mereka cari ada di situs Anda, maka mereka akan memiliki cara yang lebih mudah dan lebih cepat untuk menemukannya.

3. Nilai potensi iklan

Jika kebetulan perusahaan produk atau layanan yang relevan mencapai situs Anda, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk melihat cara terbaik mereka memposisikan diri di halaman berbeda di situs Anda sebagai iklan halaman berbayar.

4. Dorong lalu lintas yang lebih besar ke situs Anda

Jika situs web perusahaan Anda memiliki peta situs, maka calon pembeli akan lebih mudah mengakses produk dan layanan terbaru Anda. Selain itu, mereka tidak akan melewatkan produk apa pun yang mungkin menarik bagi mereka karena sitemap akan menampilkan semua informasi yang ditemukan situs.

baca juga : 5 Tips berharga untuk blogger pemula agar sukses

Bagaimana peta situs diformat?

Setidaknya ada tiga jenis utama peta situs: diindeks, kategori penuh, dan kategori terbatas. Peta situs yang diindeks muncul sebagai daftar atau direktori alfabet.

Peta kategorikal lengkap menampilkan semua tautan yang diklasifikasikan ke dalam kategori; sementara sitemap kategoris terbatas menampilkan semua tautan yang tercantum dalam kategori yang dipilih sekaligus. Sitemap penuh dan terbatas sangat mirip kecuali bahwa yang pertama menampilkan semua tautan di semua kategori sekaligus dalam satu halaman, sedangkan yang terakhir hanya memfokuskan tautan di bawah kategori yang dipilih untuk tampilan yang lebih mudah dan tidak membuat mata tegang.

Format yang paling banyak digunakan adalah kategori penuh. Berdasarkan hasil studi SURL 1999 tentang desain sitemap, format kategorikal penuh paling disukai oleh pengguna karena lebih mudah untuk mencari topik di dalam situs dan memungkinkan perbandingan yang lebih mudah antara dan di antara kategori.

Beberapa kiat dalam menyiapkan peta situs Anda

1. Tautkan peta situs hanya ke beranda Anda.

Ini untuk memastikan bahwa laba-laba mulai mencari dari beranda Anda ke semua halaman yang tercantum dalam peta situs Anda. Dengan cara ini, tidak ada halaman yang tidak akan dikunjungi oleh laba-laba.

2. Jangan melampaui 30 halaman untuk sitemap.

Situs web besar yang memiliki 50 atau lebih halaman tidak boleh lebih dari 30 karena ini menambahkan lebih banyak halaman ke situs, dan mungkin membuat mesin pencari berpikir bahwa sitemap adalah link farm. Juga, ini mencegah kepadatan tautan yang terlalu melelahkan untuk dilihat.

3. Periksa semua tautan yang terdaftar di peta situs Anda.

Ini bisa mengecewakan ketika Anda mengklik tautan hanya untuk mengetahui bahwa tidak ada yang ditampilkan. Uji sitemap Anda; klik semua tautan di setiap halaman untuk memastikan bahwa semua tautan memang tertaut ke halaman yang tepat.

4. Berikan judul kaya kata kunci ke tautan situs.

Judul yang kaya kata kunci memberi situs Anda lebih banyak keuntungan karena dicari dengan benar di bawah kategori yang tepat. Namun pastikan tautan sitemap ini ditautkan kembali ke sitemap (mis. Bасk tо sitemap).


baca juga :

5. Berikan deskripsi singkat untuk tautan di peta situs.

Melakukan hal itu akan memberi pembaca ide yang lebih baik tentang apa yang harus ditemukan di tautan dan menghemat waktu berselancar.

6. Bersikaplah konsisten dalam mendesain sitemap Anda dengan halaman situs lainnya.
Gunakan desain berulang dan template HTML yang sama untuk semua halaman untuk membangun identitas dan membangun karakter ke situs web Anda.

Sekarang Anda telah mempelajari hal-hal dasar tentang peta situs, mungkin sekarang saatnya bagi Anda untuk membangun satu untuk situs Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "membuat Sitemap atau Peta Situs yang Baik"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan baik, Terima kasih.