Kumpulan Ide Bisnis online terbaru untuk mahasiswa / anak muda

Kumpulan Ide Bisnis online untuk mahasiswa

Kumpulan Ide Bisnis online terbaru untuk mahasiswa / anak muda - Bisnis online untuk mahasiswa dan anak muda, sudah tidak asing bagi para mahasiswa sekarang ini. Menjadi mahasiswa bukanlah sekedar menikmati dunia perkuliahan dan untuk belajar saja.

Mahasiswa juga harus terlatih untuk hidup mandiri sehingga lebih siap dalam menghadapi kehidupan nyata. Saat ini sudah banyak  para mahasiswa yang menjalankan bisnis online.

Di kalangan mahasiswa, fenomena online shop sedang mewabah sampai sekarang. Jika dahulu praktik wirausaha hanya dilakoni oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi sebagai tuntutan materi kuliah, kini justru sebaliknya.

Mahasiswa jurusan mana pun banyak yang berbisnis online. Keseriusan para mahasiswa mengelola bisnis juga tidak bisa diremehkan.

Terbukti dengan tingginya keuntungan yang dapat di peroleh Macam-Macam Bisnis Online Para mahasiswa terkadang dalam memulai bisnisnya harus terkendala dengan modal yang dibutuhkannya untuk memulai bisnis.

Tetapi kini ada banyak ide bisnis yang dapat dijalankan oleh mahasiswa, salah satunya adalah dengan bisnis online.

Pilihlah bisnis online yang berbeda dengan memanfaatkan peluang yang ada. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bisnis online untuk mahasiswa yang modern dan sukses:

Kumpulan Ide Bisnis online terbaru untuk mahasiswa / anak muda

baca juga : 10 bisnis online tanpa modal yang menguntungkan bisa kamu coba

1. Paid Survey - Bisnis online terbaru untuk mahasiswa / anak muda

Bisnis online untuk mahasiswa yang pertama adalah dengan menjadi paid survey.

Banyak sekali jenis survey yang ditawarkan secara online untuk mencari tingkat kepuasan maupun penggunaan dalam suatu bisnis yang dijalankan.

Lembaga survey ini biasanya menawarkan insentif baik bisa berupa barang maupun uang. Bagi mahasiswa yang menginginkan tambahan uang tapi tidak bisa mengeluarkan modal yang besar.

Menjadi bagian dari paid survey atau survey berbayar ini pastinya akan menambah pendapatan penghasilan yang cukup menjanjikan apabila bisa menekuninya.

Cukup dengan meluangkan waktu selama 10-30 menit untuk mengisi sebuah survey, sudah bisa mendapatkan penghasilan. Sebuah peluang bisnis online yang cukup mudah dan praktis bukan.

2. Buzzers - Bisnis online terbaru untuk mahasiswa / anak muda

Menjadi seorang buzzers, yaitu berarti harus membagikan postingan maupun hal yang menarik untuk bisa mendapatkan sebuah insentif.

Besarnya insentif yang bisa didapatkan ketika melakukan bisnis ini tergantung dari seberapa aktif  untuk membagikan artikel tersebut dan berapa banyak postingan yang bisa dibagikannya.

Buzzers jika pada sosial media pada kenyataannya memiliki peran yaitu sebagai alarm. Maksudnya adalah orang yang akan terus menerus sesuai jadwal yang telah ditetapkan melakukan suatu promosi atau iklan mengenai suatu produk.

Pembayaran seorang buzzers ini bisa dapat diterima ketika nominalnya sudah mencapai angka minimal sebesar Rp 150.000.

Banyak mahasiswa yang mendapatkan pembayaran lebih dari angka 1 juta dari menekuni bisnis menjadi seorang buzzers ini.

3. Bisnis Camilan - Bisnis online terbaru untuk mahasiswa / anak muda

Bisnis online untuk mahasiswa selanjutnya dengan bisnis camilan makan. Apabila urusan makanan, bisa memulai bisnis camilan ini yang tidak kalah menggiurkan hasilnya. Jangan salah, bisnis makanan ini tidak hanya bisa dijalankan secara offline saja.

Tetapi juga bisa menawarkan camilan yang akan dijual secara online. Bisnis yang satu ini patut dicoba untuk mahasiswa yang ingin bisa sukses dengan usaha bisnisnya.

Saat ini sangat banyak penjual yang menawarkan aneka snack, aneka kripik dan lainnya secara online.

Kunci utama dari bisnis ini adalah untuk bisa membuat inovasi yang baru dan terus berkreatifitas. Jika mahasiswa belum bisa membuat camilan sendiri?

Tenang, caranya bisa mencari produsen makanan ringan kemudian menawarkan makanan ringan tersebut ke konsumen di dunia maya. Tentunya bisnis ini juga bisa dilakukan tanpa modal, jadi sangat cocok untuk para mahasiswa.

baca juga : 15 ide usaha desa atau kampung yang menjanjikan

4. Jualan Materi Kuliah - Bisnis online terbaru untuk mahasiswa / anak muda

Bisnis ini bisa dicoba jika setidaknya memiliki nilai akademis lebih, sehingga bisa lebih dipercaya saat jualan pada teman kampus atau ke mahasiswa dari kampus lain.

Karena sekarang sudah jaman serba online, bisa menggunakan media yang sering digunakan yaitu facebook dan instagram untuk mempromosikannya secara gratis.

Mahasiswa bisa jualan materi kuliah, misal seperti ada banyak materi yang mungkin tidak dipahami oleh teman kampus. Dari situ bisa membuat materi yang berhubungan dengan tema itu, lalu dijual dalam bentuk DVD ataupun file.

Tapi usahakan jangan di jual dalam bentuk file yang berbentuk pdf, karena pada dasarnya bagi mahasiswa yang malas membaca maka tidak akan bisa memberi pengaruh terhadapnya.

Jadi pelaku bisnis ini, bisa meringkas dalam bentuk file presentasi yang menarik. Lalu dengan video dan lainnya yang intinya bisa untuk di pahami nantinya.

5. Guru Private Online - Bisnis online terbaru untuk mahasiswa / anak muda

Siapa bilang jika belajar itu harus ketemu langsung? Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini. Dapat memunculkan peluang bisnis, untuk bisa mendapatkan keuntungan dengan memulai bisnis menjadi guru private online.

Tentunya bisnis online gratis ini cocok bagi para mahasiswa yang pintar dalam ilmu pengetahuan atau sudah memiliki keahlian khusus.

baca juga: 3 tips membangun bisnis industri startup

Manfaat Bisnis Online Bagi Mahasiswa


Bisnis online untuk mahasiswa, selain dapat menghasilkan keuntungan. Mahasiswa juga bisa lebih mengerti makna tanggung jawab, baik itu kuliah maupun bisnis yang sedang dijalankannya. Salah satu manfaat utama dalam menjalankan bisnis online adalah mahasiswa akan dapat menghemat banyak uang.

Berikut adalah beberapa penjelasan manfaat bisnis online untuk mahasiswa yang didapat.


1. Menyimpan Uang Salah satu manfaat utama menjalankan bisnis online untuk mahasiswa adalah dapat menghemat banyak uang .

Ini termasuk dalam menghemat tempat usaha dan berbagai tagihan yang datang dengan menyewa atau membeli tempat.

Selain itu, bisa melakukan penghematan di daerah-daerah seperti biaya perjalanan dan semacamnya.

Dengan ini dapat memotong banyak biaya untuk memulai bisnis jika memutuskan untuk menyiapkannya secara online. Bagi mahasiswa yang memulai bisnis dengan anggaran terbatas, ini adalah solusi yang ideal.

2. Sederhana Dan Nyaman Menyiapkan dan menjalankan bisnis itu bisa menjadi tantangan nyata. Namun, saat beroperasi online  bisa menghilangkan banyak stres dan kerumitan yang terlibat. Ini adalah metode bisnis yang nyaman, sederhana, dan sangat populer akhir-akhir ini.

Sekarang ini banyak konsumen ingin menikmati kemudahan dan kenyamanan berbelanja barang dan jasa secara online . Dengan pengaturan online, mahasiswa yang sebagai pelaku bisnis akan memenuhi permintaan ini.

Hari-hari ini, orang terbiasa berbelanja barang apa saja yang diinginkan kapan saja siang dan malam.

3. Mengasah Daya Kreatifitas Manfaat bisnis online untuk mahasiswa selanjutnya, yaitu bisa mengasah daya kreatifitas. Pengalaman bisnis online inilah yang nantinya akan menjadi bekal untuk menghadapi lingkungan diluar ketika sudah lulus. Dalam bisnis online mampu mengasah tingkat kreatifitas dalam menjalankan bisnis.

Misalkan saja seperti, harus menemukan kesempatan usaha yang ada di sekitar, kemudian mencari bagaimana menjadikannya bisnis.

Tidak berhenti sampai disitu saja, mahasiswa yang menjalankan bisnis online juga akan mencari cara bagaimana bisnisnya diminati banyak orang.

4. Memperluas Jaringan Bisnis Mencari pekerjaan saat ini tidaklah mudah, untuk mendapatkan sebuah pekerjaan tidak hanya perlu harus memiliki IPK yang tinggi saja. Jika sulit mendapatkan pekerjaan maka  lebih baik mulai menjalankan bisnis meskipun hanya kecil-kecilan.

Dalam menjalankan suatu bisnis pasti dibutuhkan jaringan yang luas. Jika mahasiswa ketika kuliah sudah menjalankan sebuah bisnis tentunya hal tersebut membuat dirinya berhubungan dengan orang banyak dengan latar belakang yang beraneka ragam juga.

Hal ini akan memperluas jaringan bisnis ketika nantinya akan memulai bisnis yang nyata.

5. Mudah Untuk Tetap Berhubungan Dengan Pelanggan Pelaku bisnis online dapat menggunakan buletin dan pemasaran email untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang ada dan calon pelanggan baru yang telah memberi alamat email mereka.

Ini lebih murah daripada media periklanan tradisional dan juga, karena pelanggan juga tahu nama pelaku bisnis ini, pesan akan diperhatikan di kotak masuk.

Di situs itulah dapat menyediakan bentuk komunikasi tambahan seperti live chat, forum atau formulir pertanyaan. Saluran media sosial, seperti Twitter, instagram dan Facebook, juga menyediakan cara lain untuk tetap berhubungan dengan klien.

Jadi manfaat bisnis online untuk mahasiswa satu ini, pasti juga akan berguna dikemudian hari bagi mahasiswa.

Baik ketika sudah lulus atau jika sudah bekerja dan ingin memulai bisnis online lagi sebagai penghasilan tambahan. Misalnya seperti keahlian menari, bermain musik, melukis dan sebagainya.

Selain bisa mengajarkan keahlian pada orang lain, mahasiswa yang melakukan bisnis online ini juga dapat mengasah kemampuannya tersebut. Jangan salah, selain mudah bisnis online untuk mahasiswa yang satu ini menawarkan keuntungan yang tidak kalah besar dari menjadi guru les secara offline.

Saat ini untuk memulai sebuah bisnis tidaklah sulit. Terlebih bisnis yang Anda jalankan fokus pada penjualan melalui online dalam pemasarannya.

Bagaimanapun, bisnis dengan online bisa dibilang tanpa modal dan bisa dilakukan oleh mahasiswa maupun karyawan. Cara memulai bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan pun cukup banyak jenisnya.

Anda yang saat ini masih mahasiswa tingkat akhir dan sedang membutuhkan uang untuk ‘ongkos’ penelitian, maka untuk menambah ongkos tersebut bisa mencoba untuk melakukan berjualan secara online untuk menambah uang saku yang Anda.

Jika Anda seorang karyawan, dan saat ini merasa gaji Anda kurang sudah sebaiknya memang Anda memulai usaha. Tentunya pilihlah usaha yang bisa Anda lakukan tanpa harus menganggu waktu kerja Anda di perusahaan.

Pastinya jika Anda ingin memulai usaha, pilihlah usaha yang bisa Anda kerjakan saat Anda memiliki waktu luang.

Sebenarnya, jika Anda mau melakukan penelitian kecil-kecilan, maka Anda bisa mendapatkan berbagai ide bisnis yang cocok untuk Anda.

Sesuaikanlah bisnis yang Anda jual dengan hobi yang Anda sukai. Jangan sampai Anda terlalu banyak coba-coba, dan tidak fokus ingin melakukan usaha apa.

Bisnis Online yang Cocok untuk Mahasiswa dan karyawan Menjadi Penulis Online Saat ini banyak orang yang memiliki pendapatan tambahan hanya sekedar menulis di blog.

Mereka mendapatkan uang hanya dari menulis di blog. Blog siapa yang Anda tulis? Siapa saja, saat ini banyak instansi yang membutuhkan orang khusus untuk mengisi blog mereka.

Selain instansi, cukup banyak individu-individu yang setiap hari mencari penulis untuk mengisi blog mereka.

Anda bisa mencari di situs-situs penyedia jasa freelance. Anda bisa menjadikan kemampuan menulis Anda sebagai bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan.

Web Development - Bisnis online terbaru untuk mahasiswa / anak muda


Anda memiliki kemampuan membuat website? Sebenarnya jika Anda bisa memanfaatkan peluang ini, maka Anda bisa membuka jasa web development sebagai menjadi bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan kantoran.

Anda yang kuliah di jurusan IT, peluang ini sangat menjanjikan untuk Anda. Apa lagi sudah banyak lembaga dan individu yang membutuhkan website untuk kebutuhan pribadi mereka.

Membuat Toko Online - Bisnis online terbaru untuk mahasiswa / anak muda


Selain Anda membuka jasa web development, jika Anda memiliki kemampuan membangun website, disela-sela pekerjaan, Anda bisa membuat toko online untuk Anda jual kembali.

Setelah toko online tersebut sudah ada? Apa yang akan Anda lakukan? Di toko online ini, Anda bisa mengisi dengan produk-produk yang Anda peroleh dari supplier-supplier.

Untuk jenis produk, sebaiknya sesuaikan dengan hobi Anda. Misal Anda memiliki hobi olahraga, maka Anda bisa membuka toko online peralatan olahraga.

Jika Anda menyukai dunia fashion, maka Anda bisa menjual produk-produk fashion pada toko online Anda tersebut.

Jasa Konsultasi Online - Bisnis online terbaru untuk mahasiswa / anak muda


Bisnis online yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa dan karyawan yang memiliki kemampuan tertentu adalah konsultasi online. Anda bisa menyediakan jasa konsultasi seperti konsultasi keuangan, konsultasi desain eksterior dan interior rumah, dan juga konsultasi online yang sesuai dengan keahlian Anda dalam bidang tertentu.

Karena itu akan membantu Anda untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis secara online.

Desain Grafis - Bisnis online terbaru untuk mahasiswa / anak muda


Bisnis online selanjutnya yang bisa Anda lakukan sebagai sambilan untuk menambah uang saku adalah desain grafis. Dengan memiliki kemampuan desain grafis yang mumpuni, Anda bisa menjual karya Anda kepada orang-orang yang membutuhkan. Atau Anda menawarkan kemampuan Anda tersebut kepada orang lain.

Jasa desain grafis cukup banyak diburu oleh orang-orang yang memang membutuhkan desain grafis untuk berbagai keperluan, seperti untuk website mereka maupun untuk iklan digital mereka.

Jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam desain grafis, maka Anda bisa mencoba untuk mencari klien yang membutuhkan jasa Anda.

Affiliate - Bisnis online terbaru untuk mahasiswa / anak muda


Bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan selanjutnya yakni menjadi affiliate marketer. Dengan menjadi affiliate, Anda bisa mendapatkan komisi yang cukup besar dari penjualan tersebut.

Apa lagi, dengan menjadi affiliate, Anda bisa berbisnis tanpa mengeluarkan modal sama sekali.

Lalu, Anda berjualan secara affiliate hanya perlu duduk di depan laptop tanpa harus melakukan direct selling.

Karena produk-produk yang Anda jual dengan sistem affiliate bisa dilakukan dengan berdagang secara online, baik menggunakan blog dan juga memanfaatkan marketplace yang ada di Indonesia.

Salah satu cara untuk mendaftar sebagai Affiliate adalah Accurate Digital Partner (ADP). Dengan mendaftar ADP, Anda bisa mendapatkan komisi hingga 20 % dari menjual produk Accurate Online (AOL).

AOL adalah software akuntansi yang sangat cocok digunakan oleh para pelaku UKM. Sehingga para pelaku UKM tersebutlah yang akan menjadi target pasar Anda. Reseller & Dropshipper Selain affiliate, bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan adalah sebagai reseller.

Reseller adalah dengan menjual kembali produk yang sudah ada. Anda bisa menjualnya secara online melalui marketplace.

Dengan menjadi reseller, Anda bisa membeli produk-produk yang dijual secara offline dan Anda jual kembali secara online. Selain reseller, Anda juga bisa melakukan bisnis online dropshipper.

Beda antara reseller dan dropshipper, jika reseller Anda harus menyetok barang-barang yang ingin Anda jual. Tetapi jika dropshipper, Anda tidak perlu menyetok barang.

Anda cukup mencari supplier saja. Jika Anda mendapatkan pesanan, maka Anda cukup menghubungi supplier tersebut, dan pihak supplier yang akan mengirimkan barang tersebut ke konsumen dengan memakai nama toko Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Ide Bisnis online terbaru untuk mahasiswa / anak muda"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan baik, Terima kasih.