Apa itu Linux ? Pengertian dan penjelasan lengkap

Pengertian tentang Linux itu apa

Pengertian tentang Linux itu apa



Linux adalah pendatang baru di dunia sistem operasi. Ini didasarkan pada teknologi Unix yang dikembangkan sebagai bagian dari impian programmer tentang sistem operasi freeware yang dapat diunduh, dianalisis, diubah, dan didistribusikan kembali oleh orang-orang.

Sistem Linux pertama selesai pada tahun 1992 dengan menggabungkan utilitas sistem dan perpustakaan dari program GNU yang merupakan sistem operasi berbasis freeware. Sejak itu, Linux telah mendapatkan dukungan dari perusahaan seperti IBM, Sun Microsystems, Hewlett Packard, dan Novell.

Linux lebih dikenal karena penggunaannya di server. Ini digunakan sebagai sistem operasi untuk berbagai perangkat keras komputer yang lebih luas daripada sistem operasi lainnya. Linux digunakan pada komputer desktop, komputer super, mainframe, dan perangkat tertanam seperti ponsel.

Paket ini dikemas untuk berbagai penggunaan dalam distribusi Linux yang berisi kernel Linux bersama dengan berbagai paket perangkat lunak lain yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik.

Banyak orang merasa bahwa Linux hanya untuk digunakan oleh para ahli komputer. Pikiran ini muncul karena banyak wartawan majalah komputer arus utama tidak dapat menjelaskan Linux secara sederhana. Ini terutama karena mereka kurang berpengalaman menggunakan sistem.

Sementara Linux semakin populer, adopsi sebagai sistem operasi oleh pengguna komputer biasa tidak semudah yang diharapkan pengembangnya. Itu karena beralih dari sistem operasi lain seperti Windows seringkali sulit. Plus, banyak program perangkat lunak yang dirancang untuk berjalan di Windows saja. Namun, kemajuan signifikan terus dilakukan terhadap kompatibilitas perangkat keras.

Pendukung sistem operasi Linux mengatakan itu adalah salah satu produk paling menarik di industri komputer saat ini. Ini adalah sistem yang aman, biaya rendah, dan menyediakan outlet dari vendor lock-in.

Linux pada awalnya dikembangkan sebagai produk freeware dan tetap gratis dalam banyak kasus. Namun, beberapa perusahaan telah membentuk model bisnis yang melibatkan penjualan, dukungan, dan kontribusi untuk Linux dan perangkat lunak bebas. Sejumlah perusahaan menawarkan versi khusus Linux yang menambahkan paket dukungan ke perangkat lunak sistem.

Keuntungan lain dari Linux adalah bahwa perangkat lunak desktop yang banyak diminati biasanya berkualitas tinggi. Ini termasuk program pengolah kata, spreadsheet, klien email, dan browser web. Mereka memiliki aplikasi perangkat lunak yang dapat dibandingkan dengan produk-produk seperti Microsoft Office dan banyak lagi.

Jika Anda seorang gamer, Anda akan menemukan beberapa batasan ketika datang ke program perangkat lunak yang akan berjalan pada sistem Linux. Sementara kemajuan sedang dibuat untuk membuat perangkat lunak game kompatibel dengan sistem Linux, masih ada beberapa game yang dapat dimainkan pada komputer yang dioperasikan Linux.

Banyak ahli mengatakan bahwa Linux adalah masa depan sistem operasi komputer. Dengan monopoli dekat Microsoft Windows, ini umumnya dianggap sebagai indikator besar bahwa orang akan memiliki lebih banyak pilihan di masa depan ketika datang ke komputer mereka.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Linux ? Pengertian dan penjelasan lengkap"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan baik, Terima kasih.