Pengertian dan fungsi Driver pada Komputer

Pengertian dan fungsi Driver pada Komputer

Pengertian dan Fungsi Driver pada Komputer



Driver perangkat atau driver perangkat lunak adalah jenis khusus perangkat lunak komputer yang biasanya dikembangkan untuk memungkinkan interaksi dengan perangkat perangkat keras seperti mouse atau printer.

Perangkat lunak ini menyebabkan antarmuka untuk berkomunikasi dengan perangkat melalui "bus" komputer tertentu atau subsistem komunikasi yang terhubung dengan perangkat keras. Perangkat lunak ini memberikan perintah kepada dan menerima data dari perangkat dan, di sisi lain, antarmuka yang diperlukan untuk sistem operasi dan aplikasi perangkat lunak.

baca juga : Definisi dan Fungsi Sistem Operasi Komputer

Dalam bahasa Inggris yang sederhana, driver perangkat adalah program yang memungkinkan berbagai perangkat keras bekerja di sistem Anda. Driver komputer akan memungkinkan perangkat keras Anda untuk berkomunikasi dengan sistem operasi Anda membuat perangkat beroperasi dengan cara yang tepat. Pengguna menginstal driver dan kemudian program memungkinkan perangkat keras untuk beroperasi secara transparan tanpa input pengguna.

Komputer dan sistem operasinya tidak dapat diharapkan untuk mengetahui cara mengontrol setiap perangkat baik sekarang maupun di masa depan. Untuk mengatasi masalah ini, sistem operasi pada dasarnya menentukan bagaimana setiap jenis perangkat harus dikontrol. Driver perangkat kemudian menerjemahkan sel-sel fungsi yang diamanatkan sistem operasi ini menjadi panggilan khusus perangkat.

Secara teori, perangkat baru yang dikendalikan dengan cara baru harus berfungsi dengan benar jika tersedia driver yang sesuai. Driver baru ini akan memastikan bahwa perangkat tampaknya beroperasi seperti biasa dari sudut pandang sistem operasi.

baca juga : Linux itu apa? Pengertian dan penjelasan lengkap

Tergantung pada arsitektur komputer tertentu, driver dapat 8-bit, 16-bit, 32-bit dan yang terbaru 64-bit. Ini berhubungan langsung dengan cara sistem operasi diatur untuk driver yang dikembangkan. Sebagai contoh, pada Windows 3.11 16-bit, sebagian besar driver adalah 16-bit yang sebagian besar driver untuk Windows XP 32-bit adalah 32-bit.

Komputer baru sering kali memiliki driver perangkat yang sudah dimuat ke dalam sistem untuk memudahkan pengguna untuk hanya membuka kotak dan menggunakan sistem baru mereka.

Tetapi jika Anda harus membeli komponen terpisah untuk sistem Anda seperti joystick, kemungkinan besar Anda harus menginstal driver perangkat. Pengemudi akan datang dengan sistem, biasanya pada perangkat penyimpanan seperti CD-ROM.

Mereka akan memberi Anda petunjuk tentang cara menginstal perangkat lunak dan itu benar-benar sangat mudah jika Anda mengikuti petunjuk.

Anda tidak dapat mengoperasikan sistem komputer Anda dengan komponen terpisah seperti mouse tanpa driver perangkat untuk mouse itu. Jika Anda menemukan bagian komputer Anda tidak berjalan dengan benar.

baca juga : Hardware adalah ? Pengertian perangkat keras komputer

Anda mungkin perlu memperbarui driver perangkat Anda. Cukup buka situs web produsen perangkat keras Anda dan mereka biasanya akan memiliki driver terbaru yang tersedia gratis untuk diunduh.

Sementara Fungsi dari Driver komputer sendiri yaitu


guna driver komputer dalam dunia pc driver bertugas bagaikan penerjemah komunikasi antara fitur keras itu seorang diri dengan sistem pembedahan, butuh dikenal tiap fitur keras di pc berdialog/ bekerja dengan sistem serta bahasanya seorang diri( tindak memakai command yang distandarkan).

sebaliknya seluruh fitur yang terpasang ke pc wajib dapat berbicara dengan sistem pembedahan supaya fitur dapat dipakai. buat seperti itu driver dibutuhkan bagaikan media penerjemah antara fitur yang satu dengan fitur yang lain.

semisal kita ngetik memakai keyboard bagaikan input serta memakai aplikasi ms. word setelah itu buat mencetak tulisan yang terdapat di ms. word kita memakai printer. supaya ketukan keyboard timbul di aplikasi ms. word suatu driver keyboard wajib diinstall supaya ms.

word dapat paham apa yang diketikan keyboard. serta buat dapat mencetak ke printer suatu driver printer dibutuhkan supaya printer paham apa yang diperintahkan oleh ms. word supaya printer mencetak informasi setimpal tampilan di layar ms. word.

Guna utama driver pc adalaha sediakan transparansi serta berperan bagaikan penerjemah perintah antara hardware dengan sistem pembedahan ataupun aplikasi. Pembuat aplikasi mampu mengendalikan hardware dengan gampang lumayan dengan mengimplementasikan API( Application programming interface) yang disediakan driver dengan bahasa program yang lebih besar.

bagaikan contoh: kala program pc dengan bahasa besar( High Tingkat Language proggramming) buat mengendalikan suatu serial port hingga lumayan dengan memakai guna“ Send informasi” buat mengirim data serta“ Receive Informasi” buat menerima data. ini amat berbeda dengan bahasa/ command yang sebetulnya dipakai oleh serial port tersebut

Itulah pengertian singkat dari Driver komputer dan sedikit penjelasan tentang fungsi dari Driver komputer, semoga artikel ini bermanfaat dan mudah untuk anda mengerti.

Tipe– Tipe Driver Komputer


Tipe ataupun jenis driver pc amat bergantung dengan kebutuhan. Apabila kalian hendak pasang LAN, hingga tipe driver yang kalian butuhkan merupakan driver LAN. Begitu pula apabila kalian hendak pada pasang keyboard. Tetapi secara universal, terdapat sebagian tipe driver harus yang wajib diinstal di pc:


  • Driver audio
  • Driver Bios
  • Driver Chipset
  • Driver Graphics
  • Driver Keyboard
  • Driver Mouse
  • Driver Storage
  • Driver Network
  • Serta lain- lain 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan fungsi Driver pada Komputer"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan baik, Terima kasih.