Definisi dan Fungsi Sistem Operasi Komputer

Definisi dan Fungsi Sistem Operasi Komputer

Definisi dan Fungsi Sistem Operasi Komputer

Sementara sistem operasi adalah bagian sentral dari sistem komputer Anda, mengetahui definisi sistem operasi bukan bagian integral dari cara menggunakannya. Namun, ketika Anda mengetahui definisi sistem operasi, Anda dapat lebih memahami apa yang dilakukannya di dalam komputer Anda untuk membuatnya berjalan dan membuatnya lebih mudah bagi Anda.

Dalam bentuk dasarnya, definisi sistem operasi adalah sebagai berikut: seperangkat program komputer yang mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak sistem komputer. Kita dapat menambahkan definisi itu untuk mengatakan bahwa sistem operasi secara rasional memproses perangkat elektronik sebagai respons terhadap perintah yang disetujui.

Pada dasar dari semua perangkat lunak sistem, sistem operasi melakukan tugas-tugas dasar seperti mengendalikan dan mengalokasikan memori, memprioritaskan permintaan sistem, mengendalikan perangkat input dan output, memfasilitasi jaringan, dan mengelola sistem file.

baca juga : Linux itu apa? Pengertian dan penjelasan lengkap

Sebagian besar sistem operasi memiliki juru bahasa baris perintah sebagai antarmuka pengguna dasar, tetapi mereka juga dapat menyediakan antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk kemudahan operasi. Sistem operasi membentuk platform untuk perangkat lunak sistem lainnya dan untuk perangkat lunak aplikasi.

Pada tingkat yang lebih terlibat, definisi sistem operasi menjadi sedikit lebih terlibat ketika Anda menjelajahi apa yang dilakukan sistem operasi di dalam komputer Anda. Berikut adalah beberapa tugas yang paling umum:

* Manajemen Proses - Setiap program yang berjalan di komputer adalah suatu proses. Secara umum, CPU hanya dapat menjalankan satu proses pada satu waktu. Sistem operasi akan memantau proses yang diminta dan menjalankannya dalam urutan pra-desain yang sering kali berpindah di antara mereka dengan sangat cepat dengan cara yang disebut multi-tasking.

* Manajemen Memori - Manajer memori sistem operasi mengoordinasikan berbagai jenis penggunaan memori dengan melacak mana yang tersedia pada waktu tertentu. Ini juga akan memantau jenis memori yang dapat dialokasikan atau tidak dialokasikan dan bagaimana memindahkan data di antara memori.

* Disk dan Sistem File - Cara sistem operasi membaca berbagai jenis sistem file serta suka penyimpanan file dengan cara nama file tersebut. Beberapa sistem operasi membaca nama file sebagai case sensitive, sementara yang lain mengabaikannya.

* Keamanan - Semua sistem operasi datang dengan beberapa jenis keamanan yang sudah dibangun. Karena akses ke komputer dan informasi yang sering diistimewakannya harus dibatasi hanya untuk pengguna yang berwenang, aspek sistem operasi ini mungkin sebenarnya merupakan fungsi terpentingnya.

* Jaringan - Di era Internet, kemampuan jaringan sistem operasi sangat penting. Kemampuan jaringan dapat berupa komputer di luar seperti dalam mengakses Internet atau komputer ke komputer seperti dalam operasi mainframe yang besar. Sistem operasi akan mengoordinasikan semua ini di bawah permukaan tanpa pengguna menyadarinya.

Definisi sistem operasi bisa sederhana atau bisa lebih terlibat. Either way, mengetahui bagaimana sistem operasi Anda menjalankan komputer Anda bisa menjadi bagian yang sangat penting untuk menjadi pengguna komputer yang bertanggung jawab.

baca juga : Hardware adalah ? Pengertian perangkat keras komputer

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi pada komputer Anda memiliki banyak fungsi. Meskipun Anda mungkin tidak mengetahui apa yang sebenarnya atau banyak dari mereka lakukan, sistem operasi membantu Anda menavigasi komputer Anda dengan lebih mudah dan memungkinkan Anda untuk mengelola program dan fungsi dengan sistem komputer itu sendiri.

Salah satu fungsi sistem operasi Anda adalah manajemen proses. Setiap program yang berjalan di komputer - apakah itu di latar belakang atau latar depan - adalah sebuah proses. Secara umum, hanya satu proses per CPU yang dapat berjalan pada satu waktu. Namun, banyak proses dapat berjalan melalui multi-tasking yang memerlukan proses switching dengan sangat cepat. Sistem operasi memungkinkan jenis multi-tasking ini menjadi mungkin.

Fungsi kedua dari sistem operasi adalah manajemen memori. Memori komputer diatur secara hierarkis dengan register tercepat pertama diikuti oleh cache CPU, memori akses acak, dan kemudian penyimpanan disk. Manajer memori sistem operasi mengoordinasikan penggunaan berbagai jenis memori ini dengan melacak mana yang tersedia, yang akan dialokasikan atau tidak dialokasikan dan bagaimana memindahkan data di antara mereka. Aktivitas ini, biasanya disebut sebagai manajemen memori virtual, meningkatkan jumlah memori yang tersedia untuk setiap proses dengan membuat penyimpanan disk tampak seperti memori utama.

Semua sistem operasi menyertakan dukungan untuk berbagai sistem file yang menjadikan disk dan manajemen file fungsi penting lainnya dari sistem operasi Anda. Sebagian besar sistem file terdiri dari hierarki direktori. Idenya secara konseptual sama di seluruh sistem operasi, tetapi perbedaan memang ada. Perbedaan utama adalah karakter yang digunakan untuk memisahkan direktori dan sensitivitas case.

baca juga : Pengertian Sistem Operasi Komputer adalah

Sebagian besar sistem operasi saat ini mampu menggunakan protokol jaringan TCP / IP. Ini berarti bahwa satu sistem dapat muncul di jaringan yang lain dan berbagi sumber daya seperti file, printer, dan pemindai menggunakan koneksi kabel atau nirkabel. Banyak sistem operasi juga mendukung satu atau lebih protokol jaringan warisan vendor khusus. Itu membuat jaringan fungsi sistem operasi lain.

Keamanan adalah masalah yang sangat penting bagi semua pengguna komputer. Fungsi keamanan sistem operasi Anda juga sangat penting bagi para programmer. Sistem akan sering menggunakan protokol allow / disallow ketika sistem lain mencoba mengakses sumber daya di komputer Anda. Yang lain lagi akan membutuhkan penggunaan nama pengguna dan kata sandi untuk menjaga keamanan sistem Anda.

Ini hanya beberapa fungsi dari sistem operasi. Perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan komputer Anda benar-benar seperangkat program canggih yang memungkinkan Anda melakukan hal-hal online yang tidak dapat Anda lakukan tanpa sistem operasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi dan Fungsi Sistem Operasi Komputer"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan baik, Terima kasih.