Jenis dan cara kerja Virus Komputer (penjelasan Lengkap).

Penjelasan Lengkap, jenis-jenis dan cara kerja Virus Komputer.

Pengertian Lengkap, jenis-jenis dan cara kerja Virus Komputer.


Apa itu virus komputer ? sejenis apakah  Mereka ? Dan Satu Alasan Mengapa Orang Membuat Mereka ?

Selama beberapa tahun terakhir, komputer telah menjadi identik dengan virus dan virus tidak menunjukkan tanda-tanda menghilang dalam waktu dekat.

Dalam berita terbaru, LiveScience.com melaporkan bahwa "Bahkan sebelum bulan itu selesai, April telah menetapkan rekor untuk email virus." 1 Di masa lalu, kita akan merasa nyaman dalam memberi tahu pengguna komputer baru untuk tidak khawatir tentang virus dan bahwa menangkap virus komputer jarang terjadi.

Hari ini, itu akan menjadi nasihat terburuk yang bisa kami berikan kepada siapa pun. Seperti yang dilaporkan dalam laporan berita yang tak terhitung jumlahnya, virus komputer merajalela dan sangat mengkhawatirkan. Artikel ini akan menjelaskan apa itu virus dan kemudian mengarahkan Anda ke arah perlindungan dan pencegahan yang agak unik.

Apa itu Virus Komputer ?


Singkatnya, virus komputer adalah program perangkat lunak yang dirancang untuk menghancurkan atau mencuri data.

sementara itu, dilansir dari situs Wikipedia "Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali. (sumber : Wikipedia)"


Cara kerja Virus pada komputer.


Virus pada komputer umumnya bisa merusak perangkat lunak komputer (software) dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras (hardware) komputer, namun tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. 

Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, MacFreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.

Ini menyerang komputer melalui distribusi - seringkali tanpa sadar - melalui lampiran email, unduhan perangkat lunak, dan bahkan beberapa jenis skrip web canggih.

Virus yang menghancurkan data dikenal sebagai Trojan horse, virus yang meledakkan serangan mereka disebut bom, dan virus yang menggandakan diri disebut worm.

Beberapa virus adalah kombinasi dari masing-masing, namun mereka dapat diidentifikasi lebih lanjut sesuai dengan lokasi mereka di komputer.

Virus yang berasal dari sektor boot komputer adalah virus sektor boot dan setan jahat ini melakukan pekerjaan kotornya saat komputer dinyalakan.

Virus yang menempel pada (menginfeksi) program lain adalah virus file dan mengaktifkan saat program yang terinfeksi dimulai.

File virus juga dapat disebut sebagai virus parasit, namun jika virus bekerja dari sektor boot dan dari program yang terinfeksi, virus tersebut kemudian dikenal sebagai virus multipartit.

baca juga :
Hardware adalah ? Pengertian lengkap contoh dan fungsinya

Jenis-jenis Virus pada komputer

virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:
  • Worm - Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  • Trojan - Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • Backdoor - Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
  • Spyware - Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  • Rogue - merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  • Rootkit - Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  • Polymorphic virus - Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Metamorphic virus - Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  • Virus ponsel - Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

Mengapa virus ada masih menjadi misteri, namun kami memiliki akses rahasia ke belakang di belakang seorang programmer virus yang menjelaskan motivasinya di balik kecenderungannya yang merusak.

Rupanya, orang ini memiliki dendam mendalam terhadap layanan online populer yang tidak akan disebutkan namanya.

baca juga : Definisi dan Fungsi Sistem Operasi Komputer

Dalam benak peretas ini, layanan online gagal melakukan pekerjaan yang berkualitas dalam melindungi anak-anak dari api media online dan sebagai pembalasan, ia menciptakan dan mendistribusikan virus ke sebanyak mungkin perpustakaan file layanan ini.

Niatnya adalah untuk menonaktifkan komputer pengguna layanan online sehingga mereka tidak dapat terhubung selama berhari-hari. Dalam benaknya, kehilangan koneksi berarti hilangnya pendapatan untuk layanan online.

Meskipun kode jahat yang dihasilkan orang ini mungkin berfungsi untuk sebagian kecil pengguna, cukup untuk mengatakan, layanan online berlanjut dan masih ada sampai sekarang. Terlepas dari motivasi atau niatnya, upayanya tidak ada.

Kami tidak akan terkejut mengetahui jika motivasi lain di balik penyebaran virus mirip dengan orang ini, tetapi itu tidak membenarkan kerusakan yang dilakukan virus.

Orang yang tidak bersalah menjadi bidak untuk rencana jahat orang lain yang telah meyakinkan diri sendiri bahwa mereka melakukan hal yang "benar".

baca juga :
Pengertian Sistem Operasi Komputer adalah

Cara mengatasi virus pada komputer


Untuk melindungi komputer dari mendapatkan virus, atau membersihkan virus dari sistem komputer setelah terinfeksi memerlukan penggunaan utilitas antivirus. Tapi mungkin ada hal lain yang bisa kita lakukan.

Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan antivirus

Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data (databaseSignature-based detection), heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum).

Mungkin kita bisa melakukan upaya untuk mengedukasi orang-orang yang ingin menyebarkan virus ke publik tentang cara-cara untuk menunjukkan ketidakpuasan terhadap suatu layanan atau produk yang tidak melibatkan merugikan pihak yang tidak bersalah.

Dengan melakukan itu, kita mungkin mengurangi jumlah berita virus dan melindungi investasi kita sendiri pada saat yang bersamaan.

Subscribe to receive free email updates: