Pengertian Resources atau Sumber daya pada komputer

 
Resources

Inilah Pengertian Resources atau Sumber daya pada komputer



Pada artikel kali ini Kang Fatian akan sedikit membahas tentang pengertian dari sumber daya atau yang sering disebut juga Resources pada komputer, simak pengertian singkat tentang resources pada komputer di bawah ini.

Sumber daya atau aset adalah semua perangkat keras atau sistem virtual yang terhubung ke sistem. Di dalam sistem komputer itu sendiri terdapat berbagai sumber daya berupa perangkat keras seperti harddisk, memori, printer, dll. Sumber daya yang berupa sistem virtual kini berupa prosesor, file, atau koneksi jaringan.

Secara keseluruhan, berbagi sumber daya dapat diartikan sebagai metode yang memungkinkan semua prosesor yang tersedia untuk berbagi perangkat keras untuk penggunaan bersama. Dalam jaringan komputer, metode ini memungkinkan printer, mesin faks, modem, drive, hard drive, atau data untukdibagikan agar perangkat atau data satu komputer tersedia untuk komputer lain.
 
Sumber daya atau sumber daya sistem adalah komponen fisik atau virtual dari ketersediaan terbatas dalam sistem komputer. Setiap perangkat yang terhubung ke sistem komputer adalah sumber daya seperti halnya setiap komponen sistem internal. Sumber daya sistem virtual mencakup file, koneksi jaringan, dan area memori.

baca juga : Pengertian dan fungsi Driver pada Komputer
                  Pengertian Software, jenis dan fungsinya

Ada Empat jenis sumber daya utama, itu meliputi:


  •  Waktu CPU - Waktu yang dibutuhkan untuk unit pemrosesan pusat untuk menafsirkan dan mengeksekusi input instruksi ke dalam mesin.
  •  Memori Akses Acak - Unit penyimpanan dalam CPU komputer
  •  Memori Virtual - Memungkinkan RAM untuk diakses di berbagai titik saat mengelola tugas yang diminta sistem.
  •  Ruang Hard Disk - Tempat program dan aplikasi komputer disimpan.
  •  Network Throughput - Manajemen koneksi ke jaringan atau Internet.
Pegangan sumber daya adalah pengidentifikasi untuk sumber daya yang saat ini sedang diakses. Pegangan sumber daya dapat menjadi buram dalam hal ini, mereka sering angka atau mereka dapat menjadi petunjuk yang memungkinkan akses ke informasi lebih lanjut. 

Pegangan sumber daya yang umum adalah deskriptor file - kunci untuk mengakses file - dan soket - yang merupakan titik akhir komunikasi yang memungkinkan untuk terhubung dengan Internet.

Fungsi Sharing Resource

Fungsi dari metode sharing resource atau sumber daya adalah untuk berbagi informasi data atau perangkat keras antar komputer yang berada dalam satu jaringan yang sama. Saat metode ini diterapkan, maka setiap pengguna komputer dapat dengan mudah berbagi perangkat keras ataupun data yang dibutuhkan. Tidak perlu lagi bergantian dan saling meminjam yang membuat repot dan kurang efisien. Sistem operasi yang digunakan pun tidak terhalang oleh jarak, sehingga walaupun berada ratusan kilometer pun tetap dapat dengan mudah mengakses informasi data atau perangkat yang diinginkan.

Manfaat berbagi sumber daya

Berikut beberapa keuntungan metode berbagi sumber daya:
Keuntungan
utama jelas adalah efisiensi penggunaan perangkat keras atau data pada banyak komputer.
Menghemat waktu dengan menghilangkan kebutuhan pengguna untuk bergiliran mengakses data atau perangkat keras.
Cara ini juga membuat komputer lebih mudah digunakan sehingga memberikan kemudahan bagi penggunanya.

baca juga :
Definisi dan Fungsi Sistem Operasi Komputer
Linux itu apa? Pengertian dan penjelasan lengkap

Pelacakan sumber daya adalah kemampuan sistem operasi, mesin virtual, atau program komputer lainnya untuk menghentikan akses ke sumber daya yang telah dialokasikan oleh suatu program tetapi belum dialokasikan segera setelah digunakan. Ketika diimplementasikan oleh mesin virtual, ini sering dilakukan dalam bentuk pengumpulan sampah.

Akses ke area memori sering dikendalikan oleh semaphore yang memungkinkan situasi patologis yang disebut kebuntuan yang terjadi ketika utas atau proses yang berbeda mencoba mengalokasikan sumber daya yang sudah dialokasikan satu sama lain. Kebuntuan biasanya menyebabkan program menjadi sebagian atau sepenuhnya tidak responsif.

Akses ke sumber daya kadang-kadang juga diatur dengan mengantri atau menempatkan tugas dalam barisan untuk dieksekusi dalam urutan tertentu. Dalam kasus waktu komputasi pada CPU, algoritma pengontrol antrian tugas disebut penjadwal.

Sumber daya komputer Anda sangat penting untuk pengoperasian komputer Anda sendiri secara efektif. Mereka berjalan di latar belakang tanpa Anda benar-benar menyadarinya. Ketika sumber daya komputer Anda kelebihan beban, bagaimanapun, Anda dapat yakin bahwa sistem akan mengingatkan Anda untuk itu.

baca juga :
Hardware adalah ? Pengertian perangkat keras komputer
Pengertian Sistem Operasi Komputer adalah

Sumber daya sistem membantu Anda tidak hanya menggunakan sistem Anda, tetapi juga untuk menyimpan informasi dan mengambil informasi itu pada waktu yang berbeda. Mereka adalah alat yang Anda butuhkan untuk menjalankan program secara efektif serta sistem komputer Anda secara umum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Resources atau Sumber daya pada komputer"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan baik, Terima kasih.