Pengertian Mac atau Macintosh

Pengertian Mac atau Macintosh

 

Pengertian Mac atau Macintosh


Komputer Mac - yang sebelumnya dikenal sebagai komputer Macintosh - adalah saingan nomor satu komputer pribadi berbasis IBM. Mac diciptakan oleh Apple Corporation pada akhir tahun 1970-an dan dirilis pada tahun 1984. Sejak itu menjadi salah satu biggies di pasar komputer pribadi maupun profesional.

Mac adalah salah satu komputer pribadi yang sukses secara komersial pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (GUI) dan mouse, bukan antarmuka baris perintah standar saat itu. Ini akan terbukti sangat bermanfaat bagi semua pengguna karena sistem ini sangat ramah pengguna dan dapat digunakan oleh lebih banyak orang di pasar umum.

Sistem Mac terutama ditargetkan di rumah, pendidikan, dan pasar kreatif / profesional. Komputer Mac menggunakan integrasi vertikal di semua sistem mereka karena mereka menciptakan semua bagian dari sistem komputer termasuk perangkat keras dan sistem operasi. Komputer lain memiliki satu vendor untuk sistem operasi dan beberapa vendor yang membuat perangkat keras.

Versi asli dari komputer Mac dirilis pada tahun 1984 dengan iklan terobosan yang ditayangkan selama Super Bowl. Ini menampilkan seorang wanita melemparkan palu godam ke layar video "Big Brother-like" yang dimaksudkan untuk mewakili IBM. Konsepnya adalah bahwa dengan Mac, Apple akan membawa "kekuatan kepada orang-orang" dengan menantang komputer berbasis teks yang mendominasi pasar pada saat itu.

Dua hari setelah iklan ditayangkan, Mac pertama masuk ke pasaran dengan banderol harga $ 2.495. Itu datang dibundel dengan dua program berguna yang dirancang untuk memamerkan antarmuka: MacWrite dan MacPaint.

Meskipun Mac mengumpulkan pengikut yang langsung dan antusias, itu terlalu radikal bagi sebagian orang. Karena mesin sepenuhnya dirancang di sekitar GUI, mode teks yang ada dan program berbasis perintah harus dirancang ulang dan ditulis ulang; ini adalah tugas yang menantang yang banyak dihindari oleh pengembang perangkat lunak, dan mengakibatkan kurangnya perangkat lunak awal untuk sistem baru.

Banyak pengguna, yang terbiasa dengan dunia misterius dari baris perintah, memberi label Mac hanya "mainan".

baca juga :
Definisi dan fungsi sistem operasi komputer
Apa itu Linux ? Pengertian dan Penjelasan Lengkap
Hardware adalah ? pengertian lengkap, jenis dan fungsinya.


Selama bertahun-tahun, Apple akan memperbaiki desain Mac dan merilis versi baru setelah versi baru. Apple juga akan menjadi instrumental dalam memperkenalkan konsep baru komputer laptop dengan merilis Power Book mereka. Komputer Mac sangat populer dengan komputer desktop iMac serta laptop mini Mac.

Tentu saja, seperti halnya semua teknologi komputer, Mac akan terus berkembang dan berubah seiring komputer menggunakan perubahan kebutuhan. Namun, kami relatif yakin bahwa lini komputer Apple Mac akan tetap berada di garis depan industri komputer menjadikan pasar benar-benar pilihan bebas dan didorong oleh konsumen.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Mac atau Macintosh"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan baik, Terima kasih.