Mengamati Peluang Usaha, Kiat Sukses bisnis

Mengamati Peluang Usaha

Mengamati Peluang Usaha - Salah satu Usaha yang menguntungkan adalah berdagang, dan ada beberapa keuntungan jika seandainya kita berani memulai usaha sebagai pedangang, yaitu diantaranya :

1. Anda tidak akan lagi bergantung pada orang lain, karena modal 100 % menjadi milik anda pribadi.

2. Anda bisa pensiun dini dari pekerjaan, Dan dengan demikian berarti anda telah memberi kesempatan pada orang lain untuk menggantikan posisi pekerjaan yang telah anda tinggalkan.

3. Kita bisa membuka usaha baru, yang artinya kita juga telah membuka lapangan kerja baru, Dan oleh karena itu, kita sudah beramal bagi orang lain dan negara karena akan sedikit mengurangi jumlah pengangguran dan membantu orang yang butuh pekerjaan.

4. Ekonomi Nasional akan semakin dipulihkan dengan semakin banyaknya pedagang sukses.

Untuk Kesuksesan tersebut, kita perlu mengamati Peluang usaha berdagang (segmentasi pasar) yang merupakan hal utama dari berbagai aktivitas, yaitu dengan adanya hubungan antara pengamatan dan informasi dagang.

Sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Hitler, seorang pemimpin fasis Jerman pada masa perang dunia ke 2. Ia mengatakan, " jika ingin menguasai Dunia, maka Kuasailah Informasi. "

Informasi dalam pernyataan tersebut merupakan berita yang memberikan peluang usaha kepada kita bagaimana kita dapat memanfaatkannya dengan baik.

Dalam Usaha apapun, proses pengamatan terhadap jual beli harus tetap diutamakan karena mengamti merupakan upaya pengawasan terhadap usaha dan pengawassan kita.

mengamati bisa menjawab kelemahan kita dan juga kehebatan para pesaing kita.

Banyak sekali cara untuk mengawasi usaha dagang para pesaing, misalnya dengan mengirimkan informan dan mendata berapa saja harga produk tertentu.

Berikut dibawah ini adalah hal yang harus diperhatikan dalam usaha berdagang.

- Mengamati Peluang


baca juga:

Seorang pedagang harus memperhatikan cara seseorang mencari peluang, Jose Carlos Jarillo Moss menyatakan, "Pedagang tidak lain adalah orang yang merasakan adanya peluang usaha yang cocok dengan dirinya dan percaya bahwa keberhasilan merupakan sesuatu yang bisa di capai setiap orang."

Untuk merasakan adanya peluang usaha, berikut hal yang harus diperhatikan oleh seorang pedagang.

1. Kemampuan untuk melihat kemungkinan melakukan sesuatu yang bisa menghasilkan uang.

2. Keberanian untuk menguji apakah hal yang mungkin dapat menghasilkan uang akan benar - benar menghasilkan uang juka di tekuni.

Jika suatu peluang usaha sesuai dengan jenis usaha yang dijalani dan tidak sesuai dengan jenis usaha yang di jalani oleh diri kita, hanya kita yang tahu pasti dengan keberadaan dan kondisi tersebut, ada banyak potensi justu akan berkembang jika kita berani bertindak.

Dan jika diibaratkan dengan usaha lelaki yang mengejar cinta seorang Wanita, bagaimana dia akan tahu jika cintanya tidak bertepuk sebelah tangan dengan wanita yang dicintainya, yang paling utama dalam mengejar wanita adalah mencari tahu segala informasi tentang dirinya dan terus mengamati seberapa besar peluang untuk bisa bersanding dengan wanita tersebut, diperlukan keberanian bertindak yang tentunnya disertai dengan komitmen yang  teguh.

- Mengamati teknik orang Berjualan


Di zaman sekarang ini, persaingan usaha dan perdagangan semakin kompetitif, setiap perusahaan menawarkan barang dan jasanya denga cara yang cuku jitu untuk menarik konsumennya, dengan diskon beasr-besaran dan dengan hadia-hadia menarik.

Di balik persaingan  yang keras itu ternyata pihak manajemen berusaha sedemikian cerdiknya menarik konsumen sehingga menjadi  tertarik, bisa jadi hal ini juga yang membuat konsumen semakin terbius untuk membeli.

Ada beberapa usaha untuk menarik konsumen agar mau membeli, yaitu:

1 Tata Letak

jika produk-produk yang diletakan sejajar atau berdampingan bersama pelengkapnya dengan penglihatan mata normal, akan lebih cepat laku terjual, Kok bisa ? Misalnya, Roti diletakkan disamping selai, kopi diletakkan disamping gula, hal tersebut bertujuan agar konsumen mau membeli keduanya.

2. Banderol harga

Memasang harga magic, trik ini menggunakan angka sembilan untuk menarik konsumen bahwa harganya relatif lebih murah.

Misalnya menggunakan harga Rp 99.900.00. angka magic atau angka sembilan ini  memang bisa memberi efek lebih murah dimata konsumen, padahal jika diteliti tidak jauh berbeda bahkan hampir sama saja antara Uang 99.900 dengan uang sebesar 100.000.

3. Contoh Produk

Banyak sekali calon konsumen atau bahkan kita sendiri  lebih suka memegang barang  atau kemasan sebelum membeli, dan bahkan kita tidak akn jadi membeli jika barang yang akan kita beli tidak bisa dilihat, dipegang atau dicoba terlebih dahulu.

Nah, sekarang kita tau mengapa kebanyakan toko sering memasang contoh produknya, maksudnya agar kita bisa melihat, memegang bahkan mencobanya dan langsung membelinya.

4. Musik

Suatu penelitian tentang musik, bahwa musik bisa mempengaruhi perasaan orang, dan sebuah penelitian membuktikan bahwa konsumen akan semakin tertarik  untuk membeli barang ketika mereka mendengarkan musik yang berirama lembut, dan Musik bisa menjadi komponen pendukung yangbisa kita manfaatkan.

5.Wangi / Harum

Indra penciuman ialah indra yang sangat perlu kita perhatikan dalam dunia pembelanjaan selain indra penglihatan, Banyak sekali toko yang sengaja membuat suasana dalam tokonya  wangi dengan berbagai aroma yang membuat kita nyaman dan betah untuk berlama - lama, hal tersebut akan mempengaruhi konsumen untuk tetap betah berada di toko.

- Mengamati fenomena Dagang


baca juga :

Uang saku yang diberikan kepada anak - ankak mugkin tidak terlalu besar, walaupun demikian potensi dari pasar anak-anak sangatlah menarik.

Karena uang dikantong mereka memang  sangat terbatas, akan tetapi mereka memiliki trik yang mungkin bisa menambah uang saku mereka bisa menjadi lebih banyak dengan cara merengek dan isak tangis yang dapat mempengaruhi pikiran dan perasaan orang tua nya.

Menurut Go Siang Chen, Direktur Integrity Consultant surabaya, besarnya potensi pasar anak membuat banyak produsen yang ingin mencoba peruntungannya, dengan menawarkan produk dan jasa bagi anak-anak.

Disebut peruntungan karena menurut para pakar, menggarap pasar anak jauh lebih sulit dari pada pasar orang dewasa.

Dengan melihat prospek perdagangan untuk pasar anak-anak yang begitu besar, kita harus bisa bertindak sebagai inovator dagang, dengan cara menawarkan berbagai produk yang baru dan dapat menarik minat anak-anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengamati Peluang Usaha, Kiat Sukses bisnis"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan baik, Terima kasih.